Tuesday, March 11, 2014

(periperal MM)
Spesifikasi Komputer

Kebutuhan komputer saat ini bagi sebagian orang, bukan lagi kebutuhan sekunder, tetapi sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki. Oleh karena itu, pada saat membeli komputer harus benar – benar memilih komputer yang sesuai dengan kebutuhan yang sudah disesuaikan.
Kemajuan  dunia  teknolgi  informasi  sudah  tidak  dapat dipungkiri lagi, semakin hari semakin berkembang sesuai dengan kebutuhan  manusia  itu  sendiri.  Salah  satu  bentuk  kemajuan teknologi  adalah penggunaan alat  elektronik berupa komputer yang  saat  ini  bisa  dikatakan  sebagai  kebutuhan  pokok  untuk sebagian  orang.  Dalam penggunaannya,  banyak  orang  yang mencari  spesifikasi  paling  bagus  dan  bahkan  mahal,  tetapi sebenarnya  spesifikasi  yang  bagus  dan  harga  mahal  tidak menjamin  tercukupinya  kebutuhan  yang  akan  mereka  pakai, karena  mungkin  spesifikasi  dan  harga  dari  komputer  bisa disesuaikan dengan yang akan menggunakannya,  agar  barang yang sudah dibeli tidak sia – sia jika dipakai kelak. Dalam pemilihan komputer yang sesuai  dengan kebutuhan kita  memang  tidak  mudah,  apakah  kita  butuh  memori  yang besar??,  processor  yang  canggih??.  Itu  semua  tergantung dengan kebutuhan masing – masing.  Dalam sebuah komputer,  biasanya  terdiri  dari  mainboard  atau  motherboard,  processor, RAM, VGA, Hardisk, monitor, dan lain lain.
Untuk masing – masing komponen memiliki spesifikasi yang berbeda – beda sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh pengguna ( user ). Pada saat pembelian komputer sebaiknya user benar  –  benar  memahami  kebutuhan  yang  akan  diperlukan dalam penggunaan komputer tersebut, karena jika salah dalam pemilihan spesifikasi  komputer yang akan dibeli,  akan sia – sia nantinya.
Dalam  setiap  komputer,  biasanya  terdiri  dari  mainboard  / motherboard,  processor,  RAM,  VGA,  Hardisk,  monitor,  dan lain lain. Dalam pemilihan spesifikasinya harus sesuai  dengan kebutuhan yang akan  diperlukan  oleh  pengguna.  Untuk  mengetahui  spesifikasi  dari komponen –  komponen tersebut,  maka dibawah ini  akan dijabarkan mengenai komponen – komponen diatas.
1. Mainboard /motherboard
Mainboard / motherboard merupakan  pusat pengendali yang mengatur  kerja dari  semua komponen yang terpasang pada motherboard tersebut. Motherboard juga Mengatur pemberian daya  listrik  pada  setiap  komponen  PC.  Lalu  lintas  data semuanya  diatur  oleh  motherboard,  mulai  dari  peranti peyimpanan  (harddisk,  CD-ROM),  peranti  masukan  data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.
Demam  overclocking  juga  turut  menyumbangkan  peranan dalam  perkembangan  dunia  motherboard.  Para  produsen motherboard  berlomba  lomba  mengeluarkan  motherboard yang dirancang mampu memberikan tingkat  overclock  yang tinggi, tapi tetap mampu menjaga kestabilan sistem. Jika pada saat  itu ada motherboard yang tidak  bisa digunakan untuk meng  overclock  prosesor  dan  memori,  maka  hampir  dapat dipastikan motherboard tersebut kurang laku di pasaran.
2. Processor
Processor merupakan bagian utama dari komputer. Fungsi dari komponen ini  adalah mengatur semua jalannya proses yang terjadi  selama  komputer  bekerja.  Oleh karena itu,  semakin besar  kecepatan  processor,  maka  semakin  cepat pengeksekusian  program  pada  komputer.  Satuan  untuk processor sendiri adalah Mhz ( mega hertz ) atau GHz ( Giga Hertz ). Sebuah  processor  terdiri  dari  sebuah  ALU (  Aritmatic  Logic Unit ), unit logika yang dibangun dari gerbang logika ( AND ,OR , NOT , EXOR dll ) . Juga dilengkapi dengan UC (Unit Control ) yang  ber  fungsi  mengontrol  periperial  lainnya.  Kecepatan processor ditentukan oleh speed processor ,  cache memory , dan FSB (front Side Bus ) yang biasanya tertulis di punggung processor. Dalam penempatannya (pemasangannya) processor ditempatkan pada suatu tempat  yang namanya Soket,  Soket sendiri bisa menunjukkan jenis / model / merek processor.
3. RAM ( Random Access Memory )
Ram  merupakan  sebuah  tipe penyimpanan  komputer yang isinya  dapat  diakses  dalam  waktu  yang  tetap  tidak memperdulikan  letak  data  tersebut  dalam  memori.  Ini berlawanan dengan alat  memori  urut, seperti tape magnetik, disk  dan  drum,  di  mana  gerakan  mekanikal  dari  media penyimpanan  memaksa  komputer  untuk  mengakses  data secara  berurutan. Biasanya  RAM dapat  ditulis  dan  dibaca, berlawanan  dengan  memori-baca-saja  (read-only-memory, ROM),  RAM biasanya  digunakan  untuk  penyimpanan  primer (memori  utama)  dalam  komputer  untuk  digunakan  dan mengubah  informasi  secara  aktif,  meskipun  beberapa  alat menggunakan  beberapa  jenis  RAM  untuk  menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.  Tetapi  ada juga yang berpendapat  bahwa  ROM  merupakan  jenis  lain  dari  RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya  SRAM  ataupun  DRAM.  Hanya  saja  memang  proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel  seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari  space addres RAM (  memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.
Cookies
Cookies  adalah file teks  yang ditulis  oleh browser  client  ke dalam komputer  client  yang berisi  informasi  yang dikirimkan oleh  server.  Informasi  yang  telah  dituliskan  tersebut  selanjutnya  dapat  dimanfaatkan  untuk  mengidentifikasikan client,  kemudian  melakukanhal-hal  lain  sesuai  dengan kebutuhan.
4. VGA ( Video Graphic Adaptor )
VGA merupakan komponen yang berfungsi  untuk mengubah sinyal  digital  dari  komputer  menjadi  tampilan grafik di  layar monitor. VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi.  Kartu VGA (Video Graphic  Adapter)  berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.
5. Hardisk
Media  penyimpanan  dari  Operating  System dari  komputer.  Seperti  Windows  maupun  Linux. Fungsi  utamanya  sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen.  Hardisk menyimpan bermacam-macam informasi,  salah satunya informasi mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut, lalu OS itu sendiri. Hard disk merupakan salah satu komponen  yang menentukan kinerja PC. Semakin cepat hard disk bekerja, semakin cepat pula transfer yang dihasilkan.
KESIMPULAN
Dalam pemilihan  komputer,  hendaknya  pengguna  (  user  )  memahami  spesifikasi  yang  dibutuhkan,  mulai  dari motheroard,  processor,  RAM,  VGA,  dan  Hardisk.  Masing  – masing komponen memiliki  spesifikasi  yang berbeda – beda. Sehingga sebelum membeli sebuah komputer pengguna ( user ) harus benar – benar mengerti dan memahami spesifikasi dari komputer yang akan dibeli.

No comments:

Post a Comment